Senin, 08 Juni 2015

Pengertian dan jenis- jenis email lengkap


E-MAIL
1.            Pengertian E-mail
Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah elektronik mail dan sering disingkat E-mail adalah surat yang berbentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi Internet yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Dengan E-mail kita dapat mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah. E-mail yang dikirmkan akan sampai di alamat yang dituju sesaat setelah E-mail tersebut dikirim. Biaya yang dikeluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan E-mail tersebut.
2.            Jenis Jenis E-mail
A.          POP (Post Office Protocol) Mail
POP MAIL adalah email yang hampir sama dengan e-mail yang kita terima dari ISP (bagi yang memiliki koneksi internet di rumah atau kantor) atau e-mail yang diterima melalui Service Provider yang menjadi langganan kita.
Kelebihan POP Mail :
ü  Bisa dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk mengecek email, Anda perlu connect ke server POP mail Anda, lalu mendownload seluruh email yang ada. Setelah itu Anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Bila sudah siap dengan jawabannya Anda bisa connect lagi ke internet dan tekan Send. Untuk itu semua Anda harus menggunakan program client mail seperti MS.Outlook, MS.Outlook Express, Eudora, dan pegasus.. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses internet menjadi lebih murah.
Kekurangan POP MAIL :
ü  Tidak bisa mengecek email di sembarang tempat. Jika ingin melakukannya di komputer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan ulang.
ü  Biayanya berdasarkan besar file yang didownload, bukan berdasarkan lama koneksi, biaya yang dikeluarkan akan sama saja.

B.           Web Based E-mail
Web Based E-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud contohnya seperti (GMAIL, YAHOO, HOTMAIL). Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut. E-mail jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.
Kelebihan Web Based E-mail :
ü  Anda bisa mengecek email Anda dari mana saja dan browser apa saja sepanjang dapat terkoneksi dengan internet, karena beroperasi di situs web.
ü  Tidak memerlukan mail client.
Kekurangan Web Based E-mail
ü  Untuk mengecek email anda harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu tidak terasa. Tapi bagi anda yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet).
ü  Akun email dapat hilang, jika terjadi masalah server.
ü  Email sulit disimpan/diarsipkan, karena tersimpan di server layanan e-mail

C.           E-Mail Forwarding
E-Mail Forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang di terimanya ke alamat e-mail yang lain. Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yang lain.
Kelebihan E-Mail Forwarding :
ü  Anda bisa menyembunyikan alamat email Anda yang sesungguhnya. Selain itu Anda juga tidak perlu memberi tahu email Anda yang baru (jika anda sering gonta-ganti email). Yang anda berikan cukup alamat email forwarding tersebut.
Kekurangan E-Mail Forwarding :

ü  Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar